Sejarah Java


Stya bloegst-Sejarah singkat java- Bahasa pemrograman java dimulai dari sbuah tim pengembangan software dari SunMcrosystem yang dipimpin oleh James Gosling dan  Patrick Naughton, pada tahun 1991.Pada awal nya Sun Microsystem mengembangkan sebuah bahsa pemrograman yang  berukuran kecil untuk di implementasikan pada alat elektronik rumah tangga seperti seperti switch box TV kabel, namun alat tersebut tidak memiliki banyak memori,maka bahasa yang digunakan harus sangat kecil dan menghasilkan kode yang kecil pula. Permasalahan lain timbul yaitu alat tersebut memiki CPU yang berbeda-beda kaarna di buat oleh manufaktur yang berbeda,jadi sangat diharuskan bahasa pemrograman tersebut tidak terikat pada sebuah arsitektur mesin tertentu saja.

      Oleh karena adanya keharusan sebuah bahasa pemrograman yang kecil,menghasilkan kode yang kecil dan harus Platform Independen (tidak terikat pada platform) membuat tim pada proyek tersebut terinspirasi oleh ide pemrograman yang sama yang telah ditemukan oleh Niclaus Wirth (Penemu pascal).

      Prinsip yang sama juga digunakan oleh tim dari Sun Microsystem,hanya saja pada java mesin virtual nya disebut Java Virtual Machine (JVM).

      Booming bahasa Java dimulai pada tahun 1995 ketika Netscape memutuskan untuk menggunakan java pada web browser nya,yaitu Netscape Navigator pada Januari 1996. Hal ini kemudian di ikuti oleh raksasa-raksasa besar seperi IBM,Symantec,Inprise dan masih banyak yang lain nya termasuk Microsoft dengan Internet Explorer nya.

      Sun sendiri merilis Java pertama kalinya pada tahun 1996,kemudian diikuti dengan versi 1.02 beberapa bulan kemudian. Pada awal nya Java masih belum mampu memenuhi kebutuhan para pengembang untuk membangun sebuah software secara professional. Baru pada tahun 1998 muncul versi 1.2 yang dirilis pada bulan Desember dan beberapa hari kemudian namanya diganti dengan Java 2.

0 komentar:

Plaas 'n opmerking

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes