Statement Kontrol (PERCABANGAN)




hya sobat blogger-khaalie nie kita bahas tentang statement kontrol nieh, and prtama kita bahsa dulu mengenai percabangan nya, percabangan nie dibagi lagi menjadi 5 category. langsung ajha nieh, ,umpung masih pagi,:D

1. Percabangan IF.
    Percabangan ini digunakan untuk menyelesaikan atau memeriksa apakah sebuah kondisi terpenuhi,bila terpenuhi maka program akan menjalankan statement yang ada di dalam tanda { }, jika tidak terpenuhi program akan menjalankan printah berikut nya diluar if. Format pendeklarasian percabangan if sebagai berikut :



Berikut langkah dalam pembuatan program nya:
1. Buka aplikasi NetBeans terlebih dahulu.berikut tampilan nya saat pertama aplikasi di jalankan.


2.Setelah itu langsung kita buat project baru, kita bias melalui menu File > New project, atau bisa langsung dengan menggunakan menu toolbar.

Setelah itu akan muncul jendela baru, pilih Java dan Java Aplication > Next

Maka akan tampil jendela baru dimana kita harus mengetikkan nama project yang akan kita buat. Nama project yang akan kita buat adalah percabangan_if, dan jangan lupa beri dua tanda check seperti pada kotak merah dibawah, kemudian > finish.

3.Stelah langkah diatas selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut.



4. Langkah selanjut nya adalah mengetikkan script program nya.
Dan ketikkan script berikut yang berada di kotak merah.
 Logikanya adalah jika  variable “a” lebih kecil dari variable “b” maka akan muncul pesan  “a lebih kecil dari pada b” , tapi jika kondisi tersebut tidak terpenuhi maka program akan menjalankan printah diluar if atau langsung keluar.

5.Langkah terakhir adalah menjalankan program tersebut dengan RUN atau dengan tombol SHIFT+F6.
Berikut hasil akhirnya.









0 komentar:

Plaas 'n opmerking

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes